Anda Sedang Membaca

Bagian Dasar Drum

RMD Admin Tuesday 6 June 2017
Sebelum kita pukulin itu drum, alangkah baiknya kita kenalan dulu sama drum nya hhahaha. Sudah ada beragam macam merk drum di indonesia. Entah itu merk eropa bahkan asia, dan merk lokal indonesia juga ada lho (bangga dong kita orang indonesia). Namun dari ke semuanya bentuk drum, drum memiliki bentuk dasar umum yang menjadi standar pada drum yang di jual.

Nah kebetulan ada gambarnya di atas, ini contoh model drum Yamaha yang kebetulan lagi bentuknya mewakili bentuk dasar umum drum yang beredar di pasaran. Jadi ngiler pengen beli drum lagi hhehe.
Okay kita bahas satu persatu bagian pada drum ya.

1. Snare Drum

Bagian ini dirasa paling penting rasanya (pake perasaan) soalnya kalo ga ada dia seperti sayur kurang garam, Disetiap acara band pasti ini snare pasti ada. Snare drum ini pun memiliki beragam ukuran yang disesuaikan dengan jenis musik dan selera drummer itu sendiri sis and gan.

2. Bass Drum


Bass drum biasa digunakan drummer untuk membuat dasar ritme dan jenis musik yang berbeda. Bagian ini juga sama halnya dengan snare, tidak bisa dipisahkan.... (baper).

3. High Tom-Tom


High tom-tom biasanya dipukul untuk variasi pukulan fill in (pukulan drum untuk masuk intro, reff, melodi, ending gitu). Atua ga biasanya untuk variasi pola pukulan dasar jenis musik tertentu.

4. Middle Tom-Tom


Kelihatan lebih gede dari yang high tom-tom ya ? memang betul. Kenapa coba ?? suara bagian ini lebih rendah dibanding yang high. 

5. Floor Tom-Tom


Nah apalagi yang tom tom yang satu ini. Ini lebih rendah lagi dari middle dan high tom tom. Biasanya tom-tom bersaudara ini digunakan untuk berbagai macam variasi fill in lho sis and gan.

6. Hi-Hat Cymbal


Bagian ini biasa digunakan sebagai hela nafas dari ritme musik, disaat bass drum menjadi detak jantung dan snare drum menjadi aliran nafas (puitiiisss say....).

7. Crash Cymbal


Sesuai dengan namanya Crash!! biasanya menjadi tanda masuk bagian lagu (reff, intro, dll) atau hanya sekedar bikin kaget hhahaha. Maksudnya bikin suasana musik yang dimainkan menjadi lebih meriah gitu sis and gan.

8. Ride Cymbal


Dari semua cymbal (crash dan hi-hat), Ride Cymbal mempunyai ukuran yang lebih besar dari keduanya. Lalu gunanya untuk apa ? Gunanya sama seperti Hi-Hat, namun biasanya digunakan pada bagian Reff lagu atau bagian - bagian lagu yang meriah biar suasananya lebih MENGELEGAR hhahaha.

Okey segitu dulu penjelasan bagian dari drum nya ya sis and gan. Nanti saya akan buat penjelasan berbagai macam cymbal drum. ada banyak lho jenis cymbal juga. Makanya jangan lupa untuk sering berkunjung ke blog ini yang sis and gan.

Untuk masuk ke tutorial drum, klik link Tutorial Drum

 
Copyright 2016-2018 Rumah Musik Desan
Untuk Keperluan Bisnis Hubungi Kami